Mengenal, Merawat dan Memperbanyak Tanaman Hias Daun Peperomia Semangka

4 bulan yang lalu    

Peperomia Semangka merupakan nama umum yang dikenal untuk spesies dari genus Peperomia yang bernama Peperomia argyreia. DInamakan semangka karena kemiripan penampilan daunnya dengan kulit dari buah semangka.

Peperomia Semangka sebenarnya berasal dari Amerika Selatan, dengan tanaman yang kecil dan daun yang menarik. Tanaman peperomia ini bisa tumbuh sampai 12 inch dan jenis peperomia mini hanya tumbuh setinggi 6 inch. Karena pertumbuhan tanaman yang kecil, dengan membentuk rosette semak, penampilannya sangat cantik dan sangat cocok untuk ditanam secara outdoor sebagai ground cover ataupun di gabung dengan tanaman lain sebagai tanaman indoor. Selain sebagai ground cover, peperomia semangka ini juga cantik sekali untuk di tanam di pot sebagai tanaman meja. 

Jika dibandingkan dengan ukuran tanaman, daun dari peperomia semangka ini mempunyai ukuran yang lebar. Daun berbentuk oval dengan tangkai pada bagian agak tengah dan warna yang sangat menarik, perpaduan antara hijau dan stripe perak. Daun tebal dan menempel pada batang tanaman yang berwarna merah.

 

Perawatan Tanaman Peperomia:

Tanaman peperomia ini termasuk dalam jenis tanaman yang mudah untuk ditumbuhkan dan dirawat. jadi bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk pemula. Dengan tetap memperhatikan perawatan dasar tanaman, tanaman ini akan tetap bisa bertahan hisup. Hal yang paling penting adalah cahaya cukup, tidak berlebihan dalam penyiraman dan kondisi yang tidak terlalu panas. 

Pencahayaan:

Peperomia lebih bagus diletakkan dalam cahaya ruangan atau tempat-tempat dengan adanya naungan, tanpa sinar matahari langsung. Di habitat aslinya mereka tumbuh di bawah dalam hutan dengan sinar matahari yang tidak langsung atau ternaungi. JAdi untuk mendapatkan pertumbuhan yang maksimal kita perlu untuk memeliharanya seperti habitat aslinya.

Penyiraman:

Hal yang penting untuk diperhatikan adalah jangan sampai terlalu banyak untuk menyiram atau pun terlambat untuk memberinya air. Penyiraman yang berlebihan akan membuatnya cepat busuk, sebaliknya penyiraman yang terlambat/kurang akan membuatnya layu. Untuk penyiraman dengan benar, tunggu sampai tanah/media tanam tampak kering pada bagian atas dan kemudian siram secukupnya.

Media tanam:

Jika kamu menanamnya di pot, hal yang perlu diperhatikan adalah media tanam mempunyai drainase yang baik. Kamu bisa menanam menggunakan campuran kompos dan tanah ataupun sekam bakar. Kamu bisa mendapatkan media tanam yang baik yang banyak di jual.

Re-Potting

Kamu tidak perlu terlalu sering untuk re potting tanaman peperomia semangka ini. Saat tanaman mulai rimbun di pot akan tampak sangat cantik sekali. Kamu bisa repotting tanaman ini sekitar 3 tahun dengan memindahkannya pada pot yang lebih besar. 

Pemupukan

Kamu bisa memupuknya dengan pupuk NPK sebulan sekali dan bisa mengkombinasikannya dengan pupuk daun yang bisa kamu aplikasikan tiap 2 minggu sekali.

Perbanyakan

Tanaman Peperomia Semangka paling umum dan paling mudah diperbanyak dengan cara stek daun. Ambil daun dengan tangkainya dan gunakan hormon perakaran pada cutting sebelum ditanam di media baru. Tanam stek dengan kedalaman sekitar 1inch dan jaga kelembaban media tanam.




Komentar Artikel "Mengenal, Merawat dan Memperbanyak Tanaman Hias Daun Peperomia Semangka"