Mengenal Bunga Gladiol

4 bulan yang lalu      Tanaman Hias Bunga

Klasifikasi : Spermatophyta

Sub Divisi : Angiospermae

Kelas : Monocotyledone

Ordo : Liliales

Family : Irridaceae

Genus : Gladiolus

Spesies : Gladiolus hybridus Hort

 

Morfologi Tanaman 

A. Umbi/Subang

Umbi gladiol dikenal dengan sebutan subang, tergolong umbi palsu (corm) yang tidak mempunyai lembaran-lembaran daun berdaging. Subang adalah batang yang termodifikasi menjadi bulat pipih dan mengandung ruas dan mata tunas. Subang terjadi dari ruas tunas terbawah yang membengkak dan menghasilkan organ persediaan makanan yang mampu berfungsi sebagai alat reproduksi.

B. Akar

Tanaman gladiol berakar serabut, namun demikian tanaman ini membentuk pula akar kontraktil yang tumbuh pada saat pembentukan subang baru. Akar tersebut berdaging dengan diameter kurang lebih 0,7cm dan berwarna putih yang berfungsi menyangga dan menempatkan subang baru pada lapisan tanah yang tepat. 

C. Daun

Daun berbentuk meruncing dan memanjang keatas dengan panjang sekitar 50-80cm, lebar 1-4cm, tepi daun agak pucat dan tersusun tumpang tindih pada bagian dasar dan berjumlah sekitar 1-2 helai daun.

D. Bunga

Bunga gladiol mempunyai tabung seperti corong yang melebar pada bagian ujungnya. Bunga terdiri dari kelopak dan mahkota yang masing-masing terdiri atas tiga helai yang ukuran masing-masing helai tidak sama, dan menyempit pada bagian pangkalnya. Kepala sari berbentuk lonjong terbagi dalam dua kotak sari, berjumlah tiga dan tertanam di tabung bunga. Putik terdiri dari tiga lobus dan tangkai putik sederhana dengan sebuha bakal buah yang berongga dari dua buah. Setelah bunga mekar, kedudukan kepala putik lebih tinggi dari kepala sari. Tepung sari biasanya masak lebih dahulu daripada kepala puyik.

 

Syarat Tumbuh

Tanaman Gladiol menghendaki keadaan iklim dan tanah tertentu untuk dapat tumbuh optimal serta berbunga dengan baik. Faktor iklim yang sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan pembungaan gladiol adalah suhu, cahaya, dan kelembaban udara. Di daerah tropis seperti di Indonesia, tanaman gladiol dapat beradaptasi luas, baik di daerah dataran rendah maupun di dataran tinggi, namun pertumbuhan dan produksi bunga gladiol akan optimal bila ditanam di daerah berketinggian 250-1500 m di atas permukaan laut dengan suhu udara 10-25 derajat celsius. Curah hujan 2100-2850 mm/tahun, serta kelembaban udara 80-90%. Tanaman gladiol tumbuh dan berbunga dengan baik pada tanah yang subur, gembur, banyak mengandung humus atau bahan organik, aerasi dan drainase baik, dan ber pH 5,5-5,9.

 

Mau menanam umbi gladiol sendiri? Bisa beli d sini ya 




Komentar Artikel "Mengenal Bunga Gladiol"