Cara Budidaya Bunga Gladiol dengan Baik dan Benar

4 bulan yang lalu      Tanaman Hias Bunga

Di bawah beberapa tahapan budidaya Bunga Gladiol yang baik dan benar, sehingga bisa di hasilkan bunga yang maksimal

1. Pengolahan Tanah dan Persiapan Tanaman

Pengolahan tanah untuk persiapan lahan dilakukan dengan cara membuang semua gulma-gulma yang tumbuh dan sisa-sisa tanaman sebelumnnya sehingga kondisi tanah bebas dari bahan-bahan organik yang belum lapuk. Selanjutnya tanah dicangkul sedalam 20-30 cm, tanah dibalikkan dan digemburkan agar sirkulasi udara di dalam tanah bisa lebih baik.

Tanah yang telah dicangkul kemudian ditaburi pupuk kimia/pupuk buatan TSP 50 gram, KCl 75gram, dan dolomite 100 gram/m2. Selanjutnya dibuat bedengan dengan lebar 1m dan panjangnya tergantung dari panjang petakan. Tinggi bedengan 10cm dengan jarak antar bedengan 30-40cm. Setelah bedengan terbentuk dibuat lubang tanam dengan menggunakan alat tugal. Hal yang harus diperhatikan dalam membuat lubang tanam ialah ukuran diameter tugal harus lebih besar atau sama dengan ukuran diameter umbi yang akan ditanam.

2. Sarana Irigasi

Air berguna untuk proses metabolisme tanaman. Dalam tubuh tanaman, air berfungsi tidak hanya sebagai penjaga kestabilan suhu tanaman hingga proses-proses kimia metabolisme dalam tubuh tanamandapat berjalan, tetapi air juga berfungsi sebagai salah satu unsur utama proses fotosintesis dan proses metabolisme  senyawa-senyawa penting lainnya.

Pada pertanaman gladiol air dapat diberikan melalui beberapa cara , yaitu siraman secara manual, pemboyoran dan cara irigasi curah (springkle irigasi). Cara irigasi pemboyoran dan cara irigasi curah sangat dianjurkan pada budidaya gladiol, karena dengan cara ini air dapat tersebar dan diterima tanaman secara merata dan media tumbuh tanaman dalam bedengan dapat dijenuhkan dengan sempurna hingga pertumbuhan akar tanaman muda dan pase pembentukan bunga tidak terhambat.

3. Penanaman

Tempat/ lahan untuk penanaman gladiol harus mendapat cahaya matahari langsung. Baik dilahan terbuka maupun dilahan yang menggunakan naungan. Di Indonesia bunga Gladiol bisa ditanam sepanjang tahun, baik pada musim kemarau maupun musim penghujan. Jadwal penanaman disesuaikan dengan kebutuhan bunga di pasaran atau proyeksi penanaman per minggu. Penanaman dilakukan di atas bedengan dengan cara ditugal, kedalaman tanam sekitar 5cm, selanjutnya lubang tanam ditutup tanah hingga rata. Jarak tanam sangat penting karena menentukan kekekaran batang tanaman. Jika penanaman terlalu rapat, maka tanaman akan lemah dan panjang tangkai bunga tidak normal. Untuk subang yang mempunyai garis tengah 3-4cm jarak tanam yang dipakai 20x20 cm atau dengan populasi 25 subang/m2, sedangkan untuk ukuran subang yang lebih kecil jarak tanam dapat digunakan 16x16 cm atau 40 subang/m2.

Dalam menentukan kedalaman tanam yang perlu diperhatikan adalah tekstur dan waktu tanam. Pada tanah yang bertekstur berat, misalnya tanah liat dan lempung, subang harus ditanam agak dangkal daripada tanah berpasir, hal ini bertujuan untuk memudahkan keluarnya tunas pada saat permulaan tumbuh.

4. Pengendalian Gulma

Pengendalian gulma pada tanaman gladiol dilakukan sesuai dengan kondisi di lapangan atau minimal dua kali per musim tanam. Yaitu penyiangan dilakukan pada tanaman umur 4 minggu dan umur 8 minggu. Penyiangan dilakukan dengan cara mencabut gulma di sekitar tanaman.

5. Pemupukan

Pemupukan  lanjutan dilakukan untuk menyediakan hara bagi tanaman. Pupuk yang diberikan dapat berupa pupuk lengkap (NPK) atau pupuk tunggal (TSP, KCl, Urea). Pemberian pupuk dilakukan 3 kali, yaitu pupuk diberikan pada saat tanamam berumur 3 minggu dengan NPK 24:8:8 sebanyak 0,5 gram/tanaman. Pemupukan kedua diberikan pada saat tanaman berumur 6 minggu dengan NPK 24:8:8 sebanyak 0,75 gram/tanaman dan yang terakhir pada saat tanaman berumur 8 minggu dengan NPK 15:15:15 sebanyak 1 gram/tanaman. Cara pemberian pupuk ialah dengan cara disebar dipermukaan tanah di sekitar tanaman. Kemudian pupuk disiram dengan air hingga pupuk larut, sehingga mudah diserap oleh tanaman. Atau dengan cara membuat larikan diantara barisan tanaman, pupuk ditaburkan ke dalam larikan dan ditutup dengan tanah hingga merata.



Artikel Terkait



Komentar Artikel "Cara Budidaya Bunga Gladiol dengan Baik dan Benar"