Bunga Sedap Malam

6 bulan yang lalu      Tanaman Hias Bunga

Bunga sedap malam yang dalam bahasa melayu disebut sundal malam adalah bunga yang masuk kedalam suku agavaceae.

Tanama sedapa malam disebut sebut berasal dari negara Meksiko. Dimana oleh suku bangsa astek bunga sedap malam dinamakan omixochiti atau bunga tulang.

Bunga sedap malam memiliki keunikan tersendiri karena hanya bisa mekardan wangi pada malam hari. Tanaman ini dapat tumbuh di daerah beriklim trofis dan subtrofis.

Bunga sedap malam terkenal dengan keharumannya yang tahan lama. Bunganya bisa digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan parfum. Tanaman ini banyak dibudidayakan di Indonesia.

KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI :

  • Kingdom : masuk kedalam kingdom plantae
  • Divisi : Tergolong pada divisi magnoliophyta
  • Kelas : Liliopsida
  • Ordo : Asparageles
  • Famili : Agavaceae
  • Genus : Polianthes
  • Spesies : Polianthes tuberosa

Batang

Tanaman ini tumbuh membentuk rumpun yang terdiri dari beberapa umbi dan batang tanaman. Umbi ini adalah batang semu yang berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan.

 

Daun

Tanaman ini memeiliki daun pipih memanjang. Pada bagiab atas berwarna hijau mengkilat sedangkan pada bagian permukaan bawah berwarna hijau muda.

Terdapat bintik-bintik berwarna kemerahan pada pangkalnya. Ukuran panjang daun dapat mencapai 60 cm.

 

Tangkai

Tangkai berbentuk memanjang dan beruas-ruas. Pada setiap tangkai terdapat 5-12 kuntum bunga dengan mahkota yang berwarna putih dan sedikit kerahan di bagian ujung bunga.

 

Bunga

Jenis bunga tidak mekar bersamaan melainkan secara bergiliran. Bunga yang pada bagian bawah akan mekar lebih dulu kemudian bunga yang berada diatasnya mekar dan begitu seterusnya secara berurutan.




Komentar Artikel "Bunga Sedap Malam"