• Kontak Kami
  • Hotline : 081231722356
  • SMS : 08124937501
  • BBM : 7C530FC8

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.30 s/d jam 15.30 , Minggu & Hari Besar Tutup
Toko Buka Setiap Hari Jam 07.30-15.30. Hari Minggu dan Hari Libur Nasional Toko Tutup Nikmati Pengalaman Belanja Yang Menyenangkan Di Toko Kami
Beranda » Artikel Terbaru » Vertikultur

Vertikultur

Diposting pada 29 September 2012 oleh admin

Vertikultur adalah cara budidaya tumbuhan, atau budidaya tanaman yang ditanam secara horizontal baik menggunakan susunan-susunan paralon ataupun dengan menggunakan bambu. Budidaya vertikultur ini sangat cocok diusahakan pada lahan yang terbatas atau bisa dilakukan di halaman rumah.

Teknik vertikultur bisa diterapkan untuk budidaya sayur ataupun tanaman herba yang lain. Banyak pilihan jenis sayuran yang bisa kita tanam, seperti jenis lettuce atau selada, sawi, kangkung, caisim, bayam ataupun jenis yang lain. Untuk tanaman herba kita bisa menanam basil, mint, sage, maupun chives. Bahkan untuk tanaman-tanaman seperti cabe ataupun tomat, kita juga bisa menanamnya dengan teknik vertikultur ini.

Dengan memanfaatkan budidaya tanaman melalui teknik vertikultur ini, kita mampu menyediakan sayuran organik sendiri di rumah, sehingga lebih mampu menjamin masalah kesehatan dari sayuran yang kita konsumsi. Selain itu juga mampu menambah nilai estetika dari halaman kita. Untuk mendapatkan nilai ini kita bisa menyusun tanaman-tanaman ataupun sayuran yang akan kita budidayakan. Kita bisa memilih sayuran yang berwarna ataupun yang mempunyai bentuk yang berbeda-beda. Kita bisa memadukan lettuce lollo rosa dengan dengan lettuce lakeland ataupun dengan lettuce lob joits yang mempunyai tekstur yang berbeda-beda.

Lantas, apa saja yang perlu disiapkan untuk membuat vertikultur?

  1. Bambu atau paralon.

Bambu atau paralon kita gunakan sebagai wadah untuk media, kita bisa menyusunnya secara bertingkat. Jika menggunakan bambu kita perlu membuat lubang tanam di atas permukaan bambu untuk menaruh media.

  1. Media Tanam

Kita bisa menggunakan campuran tanah:kompos (3:1), ataupun bisa ditambah dengan arang sekam, dengan perbandingan (1:1:1).

  1. Benih Tanaman

Kita bisa menggunakan berbagai jenis benih sayuran seperti yang telah disebutkan di atas.

Untuk pengaturan jarak tanam, hendaknya disesuaikan dengan saat tanaman dewasa.

Bagikan informasi tentang Vertikultur kepada teman atau kerabat Anda.

Vertikultur | Pelangi Flora

Komentar dinonaktifkan: Vertikultur

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Limited Edition
Rp 25.000
Ready Stock
Limited Edition
STOK HABIS
SIDEBAR