KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 081231722356
  • SMS - 0081231722356
  • BBM - 74CD6F22
  • Whatsapp - 081231722356
  • Line - LINEID
  • WeChat - WECHATID
  • dwityas0@gmail.com@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » Menghilangkan Rasa Panas Di Tangan Karena Cabe

Menghilangkan Rasa Panas Di Tangan Karena Cabe

Diposting pada 8 January 2013 oleh admin

Rasa panas di tangan akibat cabai pasti sering kita rasakan saat berurusan dengan buah ini. Entah saat memasak ataupun setelah makan sambal dengan tangan. Tulisan ini pun saya buat setelah kemarin tangan saya rasanya seperti terbakar gara-gara benih cabe habanero. Ceritanya kemarin sore saya mo nanem habanero dari benih koleksi saya, dan lupa tidak memakai sarung tangan saat mengambil dan menghitung benih.

Rasa panas dari benih habanero tidak langsung terasa saat mengambil benih ataupun sesaat setelah menanamnya, tetapi baru terasa sangat panas sekitar 2 jam setelah berinteraksi. Telapak tangan tampak memerah dan terasa terbakar. Merendam dalam air cukup membuat nyaman, but setelah itu rasa panas kembali terasa. Karena rasa panas gak hilang-hilang, saya coba untuk genggam es batu, beberapa saat hilang, tetapi akhirnya muncul lagi. Bingung juga, searching-searching di internet ada yang menyarankan untuk memberi garam. Langsung saya coba taburi garam beberapa saat, dan kemudian saya cuci. Tetapi tetap saja panasnya belom hilang. Suami menyarankan untuk memberi body lotion, dan akhirnya saya olesi juga telapak tangan saya dengan body lotion saya biarkan beberapa saat sambil beraktivitas di depan laptop. Gak terasa perlahan-lahan rasa panas mulai reda dan hilang, alhamdulillah.. Gak tahu apakan karena body lotion atau kombinasinya dengan garam atau memang sudah saatnya hilang, he..he..

Itu pengalaman saya berurusan dengan benih habanero. Lantas sebenarnya apa sich yang menyebabkan cabe pedas? Tak lain adalah senyawa metabolit sekunder yang terkandung dalam cabe itu sendiri. Senyawa tersebut bernama Capsaicin. Di dalam buah cabai atau tanaman lain dari genus Capsicum  terdapat kumpulan senyawa kimia golongan capsaicinoids yang merupakan hasil metabolisme sekunder. Capsaicinoid inilah yang menimbulkan sensasi terbakar dan nyeri pada lidah.Capsaicin adalah capsaicinoid yang terbanyak pada buah cabai diikuti oleh dihidrocapsaicin.Capsaicin murni memiliki cirri-ciri sebagai senyawa hidrofobik, tanpa warna, tanpa bau, dan struktur antara crystalline hingga seperti lilin. Terdapat pula senyawa capsaicinoid yang minor, seperti nordihydrocapsaicin, homodihydrocapsaicin, dan homocapsaicin.Efek dari senyawa capsinoid minor ini terhadap rangsang saraf hanya setengah dari capsaicin dan dihidrocapsaicin.

 Sensasi rasa nyeri dan terbakar (pedas) dari capsaicin timbul akibat efek iritatif.Hal ini terjadi setelah interaksi dengan neuron sensorik.Capsaicin merupakan salah satu senyawa  grup fungsional vanilloid, sehingga senyawa ini berikatan dengan reseptor VR1 (Vanilloid Receptor Subtype1). VR1 adalah ion channel receptor, yang apabila teraktivasi akan menginduksi masuknya kation kedalam sel. Kation ini bila telah mencapai nilai ambang akan menimbulkan depolarisasi sehingga terbentuklah impuls menuju ke otak.Efek ini sama dengan efek iritatif yang ditumbulkan oleh panas maupun trauma.Tetapi capsaicin tidak memberikan trauma pada jaringan secara langsung pada dosis rendah. (http://ridzkybjohn.blogspot.com)

Bagikan informasi tentang Menghilangkan Rasa Panas Di Tangan Karena Cabe kepada teman atau kerabat Anda.

Menghilangkan Rasa Panas Di Tangan Karena Cabe | Jual Benih Tanaman

Komentar dinonaktifkan: Menghilangkan Rasa Panas Di Tangan Karena Cabe

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami

Visitor

Cart
Kontak