Bunga Chamomile

Tuesday, November 13th 2012.

Bunga Chamomile

Chamomile (matricia chamomilla) merupakan tanaman semusim dari keluarga bunga matahari (asteraceae). Bunga chamomile telah dikenal sejak zaman mesir kuno. Tanaman ini tumbuh di semua lokasi eropa serta daratan Asia yang mempunyai 4 musim.

Bunga Chamomile juga sudah tersebar luas di amerika utara serta australia. Chamomile dalam pertumbuhannya membutuhkan tanah yang terbuka agar bisa tumbuh dengan baik. Umumnya chamomile tumbuh dengan liar di tepi-tepi jalan, area penampungan sampah, atau di ladang-ladang.

Tanaman chamomile ini bisa tumbuh setinggi 15 hingga 60 cm. Batangnya bercabang agak tegak, bulat serta berongga. Daunnya yang panjang serta kecil berkelompok dua atau tiga daun didalam satu tangkai. Bunga chamomile dipakai didalam penyembuhan alternatif sebagai sesuatu anodyne, anti-inflamasi, antispasmodic yang menenangkan. Menangani kram dikarenakan menstruasi, radang usus, sakit perut, bersihkan mulut untuk mengobati mukositis, juga sangat efisien dipakai sebagai pencahar alami.

Kemampuan bunga chamomile sebagai anti-inflamasi membuatnya baik untuk mengatasi reumatik, arthritis, serta bengkak menyakitkan yang lain. Meringankan demam, sakit tenggorokan, sakit serta nyeri disebabkan pilek, flu, serta alergi. Zat utama chamaemelum sudah diidentifikasi sebagai ester dari angelic serta tiglic, berbarengan dengan isobutil amyl alkohol, juga terdapat anthemol serta anthemene hidrokarbon. Tidak hanya memberikan manfaat  yang besar bagi kesehatan  manusia, chamomile kerapkali dikenal sebagai ”dokter tanaman”, dikarenakan dapat menolong perkembangan tanaman lain yang sakit yang tumbuh di dekatnya, terlebih yang membuahkan sari minyak ( essential oil ) layaknya type tanaman mint ( spearmint, sage, oregano ).

Bunga chamomile juga memiliki kandungan minyak volatil yang termasuk proazulenes. Sesudah penyulingan uap proazulenes ini menghasilkan chamazulene, ini amat anti-allergenic serta bermanfaat didalam perawatan asma serta demam. Ekstrak bunga chamomile juga banyak dipakai sebagai campuran kosmetik, layaknya shampoo rambut, sebagai agen anti-allergenic atau dibikin jadi salep untuk dipakai pada wasir serta luka. Minyak esensial dari semua tanaman dipakai sebagai pewangi didalam pembuatan minyak wangi. untuk penggunaan luar sebagai pencuci atau kompres untuk radang kulit, terbakar cahaya matahari, luka bakar, serta ditambahkan didalam air mandi untuk relaksasi otot kaki yang capek dan melembutkan kulit.

Banyaknya faedah pada chamomile dikarenakan kandungan yang bermanfaat didalamnya. Saat ini pengetahuan perihal faedah teh chamomile semakin berkembang setelah beberapa ilmuwan mendapatkan kandungan bermanfaat lain didalamnya.

Teh Chamomile

Teh chamomile telah diuji oleh beberapa ilmuwan dalam mengatasi kanker prostat serta sel kanker lain yang ada di tubuh manusia. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan didapatkan bahwa chamomile mampu secara selektif membunuh sel kanker. Hal ini dilaporkan oleh Sanjay Gupta, professor pada Departemen Urologi di Case Western Reverse University

Kemampuan chamomile dalam menghambat sel kanker mengacu pada dua kandungan aktif yaitu antioksidan alami dalam hal ini adalah apigenin, serta sejumlah esensial oil. Dalam studi yang telah dilakukan, tapak bahwa apigenin mempunyai fungsi mutlak dalam menghalangi pertumbuhan sel kanker. Pada pengujian yang telah dilakukan, ekstrak bunga chamomile mampu menghalangi pertumbuhan sel kanker, antara lain kanker prostat serta kanker payudara. Fakta ini mengacu pada apigenin yang berperan layaknya suatu anti-androgen serta juga tidak terlepas dari dampak regulasi hormon.

Pada penelitian yang lain yang telah dipublikasikan oleh ACS Journal of Agricultural and Food Chemistry di Jepang serta Inggris menunjukkan kemampuan ekstrak bunga chamomile dalam menangani penyakit diabetes (seperti masalah kehilangan jarak pandang, rusaknya saraf, serta rusaknya ginjal). Dilaporkan oleh Atsushi Kato,dkk , kemampuan ekstrak chamomile ini dikarenakan adanya kandungan di dalam bunga itu yang mempunyai kemampuan menetralkan kandungan gula dalam tubuh, sehingga mampu menghindarkan dari penyakit diabetes.

Selain manfaatnya bagi kesehatan manusia, teh chamomile sering dipakai sebagai pakan cair serta tonik tanaman, yang efisien pada beberapa penyakit tanaman. Bunga-bunga kering chamomile sering dipakai sebagai pengusir serangga.

Mengacu pada banyaknya manfaat dari tanaman yang cantik ini tidak ada salahnya jika kita menanam sendiri bunga chamomile di pekarangan rumah kita. Bunga chamomile bisa diperbanyak melalui biji, sehingga kita bisa menanamnya dengan benih yang bisa kita dapatkan dari toko-toko pertanian, atau anda bisa mendapatkan benih chamomile di toko online kami ini dengan harga yang sangat terjangkau. Mari lengkapi pekarangan rumah kita dengan menanam tanaman-tanaman yang bermanfaat.

Happy Gardening,..

 

habis
Rp 6.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 081231722356
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangHidrogel Biru – 5 gr
Harga Rp 6.000
Lihat Detail »
Rp 10.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 081231722356
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSemangka Possa F1 – 30 Biji
Harga Rp 10.000
Lihat Detail »
Rp 100.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 081231722356
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMini Kit Hidroponik (Wick System)
Harga Rp 100.000
Lihat Detail »
habis
Rp 7.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 081231722356
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangLettuce Multired 5 & Multigreen 3 Mixed – 10 biji
Harga Rp 7.000
Lihat Detail »
Rp 110.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 081231722356
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangNatal Plum
Harga Rp 110.000
Lihat Detail »
Rp 8.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 081231722356
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangVinca Mix – 10 biji
Harga Rp 8.000
Lihat Detail »
Keranjang>>